Jogja Panas!! Siapkan Kipas

Matahari

Assalamualaikum wr.wb.

Salam istimewa.

Guys, kalian merasa nggak kalau jogja makin panas? yap, pasti kalian yang berada di jogja pada ngrasain panasnya jogja saat ini.

Yogyakarta di bulan oktober ini cuacanya tidak seperti biasanya, Jogja sedang dilanda panas extrem. Dari BMKG  Stasiun Klimatologi Yogyakarta, suhu kawasan tersebut saat siang hari mencapai 31 -33 derajat Celcius. di duga karena posisi semu matahari.

Nah menurut Kepala Kelompok Data dan Informasi BMKG  Stasiun Klimatologi Yogyakarta, Djoko Budiyono mengatakan, pada september 
matahari di kisaran equator. Sebab itu, wilayah Yogyakarta mendapatkan banyak curahan matahari. Pergerakan posisi semu matahari secara perlahan-lahan akan bergerak ke bagian selatan equator. (Liputan6)

Kondisi ini juga mengakibatkan suhu maksimum yang cukup tinggi yang bisa mencapai 33-35 derajat Celcius dengan tingkat UV yang mencapai 11 (bisa dilihat di tabel bahayanya indeks UV 11). Dan secara umumnya iklim di bulan oktober ini Jogja sedang di musim pancaroba.

UV
tabel indeks UV

Maka dari itu kita harus siap jika saat siang tiba-tiba sangat panas dan saat sore dan malam hari tiba-tiba turun hujan. Tidak hanya itu, kita juga harus menyiapkan kesehatan diri kita dalam menghadapi musim pancaroba ini guys.

Jadi kesimpulanya cuaca seperti ini umumlah terjadi di musim pancaroba, yang biasnya sering terjadi peralihan musim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *